Recipe: Delicious Oblok Bebek Betawi

Oblok Bebek Betawi. Resep Oblok Bebek Asli Khas Betawi. Oblok bebek adalah salah satu makanan khas dari daerah betawi cakung, khususnya sepanjang kampung baru tipar cakung. Biasanya menu oblok ini menggunakan bahan utama yaitu entog, semacam bebek yang memiliki leher tidak terlalu panjang.

Oblok Bebek Betawi Oblok Bebek adalah masakan khas Betawi dengan bahan dasar Bebek/Mentok diberi bumbu rempah. Resep oblok bebek khas Betawi yang lezat sudah selesai dan siap untuk dihidangkan. Pemilihan kuliner Oblok Bebek lantaran sebagai salah satu warisan kuliner khas Betawi yang patut dilestarikan dan dikembangkan masyarakat Jakarta. "Kita harapkan acara ini mampu memperkenalkan kuliner khas Betawi," ungkap Ichwan. You can have Oblok Bebek Betawi using 22 ingredients and 7 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Oblok Bebek Betawi

  1. Prepare 1 ekor of bebek/ mentok/ ayam kampung (saya pakai bebek peking).
  2. You need 2 buah of jeruk nipis, potong-potong.
  3. You need 4 batang of serai (ukuran besar), cuci bersih.
  4. You need 4 lembar of daun salam, cuci bersih.
  5. It's 2 sdm of asam jawa, larutkan dengan air, buang ampasnya.
  6. Prepare 2 sdt of cuka masak.
  7. It's 2 ruas of lengkuas, geprek.
  8. It's 1 sdm of garam.
  9. Prepare 1 sdm of kaldu bubuk.
  10. You need 600 ml of air.
  11. You need 10 siung of bawang merah, iris.
  12. Prepare of Bumbu yang dihaluskan :.
  13. You need 2 ruas of jahe.
  14. Prepare 2 ruas of kunyit.
  15. You need 1/2 ruas of kencur.
  16. It's 6-8 butir of kemiri.
  17. You need 1 sdm of ketumbar.
  18. Prepare 1 sdm of lada butir.
  19. Prepare 10 siung of bawang merah.
  20. Prepare 4 siung of bawang putih.
  21. It's 15 of cabe rawit merah (sesuai selera).
  22. Prepare 15 of cabe rawit hijau (sesuai selera).

Selain itu Ichwan berharap festival semacam ini dapat memacu perkembangan potensi ekonomi warga. Festival Kuliner Betawi di Mampang. (Dok. Pemilihan kuliner Oblok Bebek lantaran sebagai salah satu warisan kuliner khas Betawi yang patut dilestarikan dan dikembangkan masyarakat Jakarta. Oblok Tongki mungkin nampak asing di telinga.

Oblok Bebek Betawi step by step

  1. Potong-potong kecil daging bebek/ mentok/ ayam kampung. Cuci bersih. Beri perasan air jeruk nipis. Diamkan sebentar. Cuci bersih lagi. Sisihkan dalam wajan besar bersama air dan larutan air asam jawa. (airnya harus penuh sampai terendam dagingnya).
  2. Haluskan bumbu..
  3. Masukan bumbu yang dihaluskan bersama sisa bahan ke dalam wajan yang berisi daging. Masak dengan api sedang hingga daging empuk dan air menyusut..
  4. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Sesekali diaduk agar bawahnya tidak gosong. Koreksi rasa..
  5. Goreng bawang merah sampai matang. Siram bawang goreng beserta minyaknya ke oblok.
  6. Masak hingga daging empuk. (Note : Kalau masih keras dagingnya bisa ditambahkan secukupnya air panas. Masak lagi sampai daging empuk).
  7. Siap disajikan dengan nasi panas dan lalapan timun. (Saya suka banget kalau kuah bumbunya melimpah, pake emping, jengkol balado sama nasi uduk Joss banget 🤩).

Oblok Tongki merupakan makanan khas kota Bekasi yang berasal dari Betawi. Oblok Tongki merupakan olahan daging bebek yang dibumbui dengan cabai dan rempah yang kuat. Sekilas Oblok Tongki punya tampilan mirip rendang. Masakan Oblok Bebek, pun menjadi menu utama yang dilombakan dalam kegiatan tersebut. Ini tuh kalau bahasa kerennya bebek rica-rica dah.

Comments