3 Bumbu Dapur Kunci Hilangkan Amis Bebek

BAU amis pada bebek menjadi penghalang utama sebelum daging bebek diolah menjadi makanan lezat. Apalagi, daging bebek sangat ringkih dengan bau amis yang sangat kuat.

Yogi, pemilik Restoran Bebek Goreng Haji Yogi mengatakan bila untuk menghilangkan bau amis pada bebek kunci utamanya adalah jahe, daun jeruk, serta lengkuas.

“Jahe dan daun jeruk pemakaiannya dilebihkan saja. Lengkuas itu kunci utama untuk menghilangkan amis dan pemakaiannya harus over dan nggak bisa standar saja karena bebek itu ringkih dan bau amis,” ucapnya saat ditemui okezone di Jalan Panjang, Kebon Jeruk Raya, Jakarta Barat, Senin (25/7/2011).

Selain itu, Yogi juga tidak pelit soal pilihan bumbu-bumbu yang akan dipakainya dalam mengolah daging bebek. “Kalau soal bumbu, kita tidak perlu pelit, kebanyakan orang kalau memasak apapun tidak hanya daging bebek, bumbunya pasti sedikit. Bagi saya dengan banyaknya bumbu yang kita olah dan kita gunakan dalam memasak, aromanya pasti akan lebih tercium,” bebernya.

Selain memerhatikan bumbu, Anda juga harus memerhatikan kadar air dalam daging bebek. Sebab, dikatakannya, proses memasak bebek harus benar-benar diperhatikan karena butuh waktu hingga 4 jam lebih.

Bila Anda penyuka santan, bisa saja dipakai akan tetapi, penggunaan santan jangan lah terlalu banyak agar tidak menimbulkan cita rasa berbeda. “Enggak banyak, ada yang pakai santan dan tidak, itu sebatas untuk rasa gurih bukan untuk empuknya,” tutupnya.(ftr)

Comments