Bebek Panggang Herbal Jadi Unggulan


TIDAK hanya digunakan sebagai obat, di China herbal juga sering dimanfaatkan untuk membuat sajian istimewa berupa bebek panggang. Seperti tersaji di Dian Xiao Er, yang menjadikan menu bebek panggang herbal sebagai hidangan istimewa.

Penggunaan serta pengembangan obat-obatan China telah berlangsung selama ribuan tahun. Bahkan, ramuan obat-obatan ini sudah menjadi warisan budaya bangsa China yang diakui oleh dunia. Hal itulah yang menjadi alasan Dian Xiao Er menjadikan menu bebek panggang herbal sebagai makanan unggulan.

”Penggunaan ramuan tradisional China pada daging bebek panggang adalah hal yang menarik,” ujar Manajer Restoran Dian Xiao Er Cindy Bansaruddin. Cindy menuturkan, kreasi menu satu ini merupakan buah pemikiran seorang pelayan yang bekerja di salah satu restoran bebek panggang. Awalnya, pelayan itu hanya berniat membantu proses pemulihan majikannya yang pernah menderita sakit parah. Setelah beberapa kali menyantap herbal duck buatan si pelayan, ternyata sang majikan sembuh dengan cepat dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Sejak saat itu, herbal roast duckmenjadi hidangan khas restoran tersebut.

Ditambahkan Head of Barbeque Chef Dian Xioa Er, Un Syang, pihaknya hanya menggunakan bebek cherry valley kualitas terbaik yang diternakkan di tepi danau secara alami. Proses seleksi dan penyiapan bahan baku dilakukan tiap hari dengan sangat hati-hati untuk memastikan bahwa bebek panggang yang disajikan selalu baru.

Awalnya, semua daging bebek yang digunakan direndam terlebih dulu dalam ramuan serta bumbu khusus selama beberapa jam, lalu daging bebek tersebut dipanggang pada temperatur khusus agar tetap juicy dan tidak kering atau hangus. Dengan demikian, bebek panggang yang dihasilkan memiliki kulit berwarna keemasan yang renyah plus tekstur daging yang lembut bercita rasa ramuan herbal.

”Rasanya sudah pasti sensasional, karena daging ini merupakan produk impor pilihan yang mempunyai kualitas yang tidak diragukan,” katanya.

Local Chef Dian Xiao Er, Ahwang, menimpali, menu yang dimasak dengan arang impor itu juga bisa dikatakan mempunyai kualitas daging bebek bernutrisi tinggi. Bebek berukuran sedang mengandung protein 25 persen lebih banyak dibandingkan daging unggas lain. Bebek tersebut juga kaya akan vitamin B yang baik untuk pencernaan dan vitamin E yang efektif mencegah penuaan dini. Melihat manfaatnya, tidak heran jika permintaan akan daging bebek terus meningkat karena kandungan yang ada di dalamnya sangat kaya, meliputi protein, zat besi, niasin, dan selenium.

Daging bebek juga tergolong makanan rendah lemak. Lebih jauh lagi, daging bebek ampuh untuk menurunkan panas tubuh, memperkuat ingatan, dan imunitas secara menyeluruh. ”Bebek yang rendah lemak semakin didukung kualitasnya dari cara pemasakan yang dipanggang. Ini menyebabkan lemak-lemak yang ada dalam tubuh bebek turun dan kadarnya berkurang,” jelas Ahwang.

Suasana Dian Xiao Er sengaja dibuat bersahaja menggunakan material yang alami untuk mengimbangi kesegaran herbal duck yang disajikan. Kebersahajaan ini dipastikan dapat memberi kesan berbeda bagi para pengunjung  yang ingin merasakan pengalaman bersantap di dalam penginapan tradisional China atau di lembah yang berbatu.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Comments