Menu Unggas di Pasar Rempah

UNGGAS bisa diolah menjadi aneka menu istimewa. Selain sarat protein dan gizi, menu berbahan unggas mudah diolah menjadi masakan sebagai teman makan nasi.

Sejak dulu unggas dijadikan sebagai bahan pangan paling digemari di negara mana pun. Demikian pula di Indonesia, unggas mulai ayam, bebek, puyuh, dan burung dara diolah menjadi aneka menu favorit yang menggugah selera.

Berangkat dari banyaknya penggemar aneka hidangan berbahan dasar unggas, Pasar Rempah Restoran, di Hotel Batavia, Jln Kali Besar Barat, Jakarta Utara, mempersembahkan promosi "Aneka Unggas" di Pasar Rempah. Sesuai dengan tema yang diusung, restoran bergaya Eropa klasik ini, menyajikan berbagai menu seperti grill quail, grill pigeon, dan bebek bengil.

Grill quail adalah menu yang dibuat dari daging burung puyuh. Menu ini semakin menarik dengan proses pembuatan yang teliti. Untuk mendapatkan daging burung puyuh yang empuk, daging di-marinate atau direndam dalam bumbu selama 12 jam. Hasilnya, ketika digoreng, bumbu meresap hingga ke bagian dalam daging.

Tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan grill quail, menu lainnya yang tidak kalah menarik adalahgrill pigeon. Menu ini terbuat dari daging burung dara, yang diolah dengan kombinasi antara bumbu dan saus khusus BBQ ala Batavia.

"Sesuai dengan konsep hotel kami yang klasik, menu yang kami hadirkan di sini adalah menu klasik tapi tetap fresh," kata Food and Beverage Director Hotel Batavia Ario Budi Nugroho.

Bagi penggemar daging bebek, kehadiran grill bebek bengil mungkin menjadi hiburan tersendiri. Grill bebek bengil ini sama sekali berbeda dengan nasi bebek maupun rendang bebek yang umum ditemukan di restoran atau kafe di Jakarta.

"Bebek bengil khusus kami sajikan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa banyak cara memasak daging bebek, selain di goreng maupun dibuat menjadi rendang," kata Ario.

Keunikan lain grill bebek bengil adalah proses penyajiannya yang berbeda. Bebek dihidangkan dengan saus matah ala Tabanan.

"Menu-menu ini selain cocok dikonsumsi oleh lidah orang Indonesia, juga cocok bagi turis mancanegara," akunya.

Selain hidangan yang terbuat dari aneka unggas, promosi menu-menu terbaru itu juga menghadirkan aneka cake yang sehat dan gurih. Cake yang disajikan tersebut, antara lain fruit cake dan black forest roulade.

Sesuai dengan namanya, fruit cake terbuat dari berbagai jenis buah-buahan di dalamnya, seperti buah ceri merah, kacang almond, kacang mete dan untuk mendapatkan rasa jeruk, cake ini ditambah denganorange feel. Tambahan madu dan vanila membuat cake ini terasa manis dan beraroma wangi.

Selain fruit cake, hadir pula black forest roulade. Cake ini menarik dan lezat dengan kombinasi bahan-bahan seperti cokelat bubuk, buah ceri dan butter. "Kami yakin siapa pun yang makan di restoran kami pasti akan puas dengan setiap hidangan yang kami sajikan," ucap Ario.
(sindo//tty)

Comments