Recipe: Appetizing Bebek Goreng Bali dan Sambal Matah

Bebek Goreng Bali dan Sambal Matah. Lihat juga resep Sambel korek ala bebek goreng H. Resep Bebek Goreng Khas Bali dan Sambal Matah Sebagai Pelengkapnya Bebek goreng khas Bali yang mungil dan renyah terkenal kelezatannya. Hasilnya singkong goreng bisa renyah di luar dan lembut di dalam.

Bebek Goreng Bali dan Sambal Matah Ada juga yang disajikan dengan cocolan sambal roa. Kemudian lumuri ayam dengan Royco Ayam Goreng Belacan. Kemudian, goreng hingga matang dan kecokelatan. You can have Bebek Goreng Bali dan Sambal Matah using 26 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Bebek Goreng Bali dan Sambal Matah

  1. You need 1 ekor of bebek potong 4.
  2. Prepare 1 sendok of cuka.
  3. You need 2 sendok of garam.
  4. It's secukupnya of Air.
  5. Prepare 1 batang of sereh diambil putihnya.
  6. It's 5 lembar of daun jeruk.
  7. Prepare 1 buah of jeruk nipis.
  8. You need secukupnya of Garam.
  9. It's of Bahan dihaluskan.
  10. It's 8 siung of bawang putih.
  11. It's 5 siung of bawang merah.
  12. Prepare 5 ruas of kunyit.
  13. Prepare 3 ruas of jahe.
  14. You need 1 sdm of ketumbar.
  15. Prepare of Bahan sambal matah.
  16. You need 10 of bawang merah.
  17. It's 5 of rawit.
  18. It's 4 of daun jeruk iris tipis.
  19. Prepare secukupnya of Terasi.
  20. Prepare 5 batang of sereh putihnya saja.
  21. Prepare of Kecombrang (opsional).
  22. You need 2 of cabe merah.
  23. You need of Jeruk nipis.
  24. Prepare of Gula.
  25. You need of Garam.
  26. You need sesuai selera of Minyak kelapa.

Setelahnya, siapkan bahan-bahan untuk sambal matah. Satu hal yang disuka dari sambal matah khas Bali adalah tidak perlu menguleknya hingga halus. Sambal matah adalah salah satu sambal yang begitu populer bagi para wisatawan Bali. Wajar bila sekarang banyak sekali kreasi kuliner yang dipadukan dengan sambal matah.

Bebek Goreng Bali dan Sambal Matah instructions

  1. Agar tidak bau, potong bebek cuci bersih. Masak air hingga mendidih, matikan kompor masukkan cuka, garam dan bebeknya. Tunggu sampai 25 menit. Cuci bebek, beri perasan nipis lalu tunggu lagi 20 menit..
  2. Haluskan semua bumbu. Tumis, masukkan daun jeruk dan sereh. Masak hingga harum, tambahkan bebek, garam dan air..
  3. Rebus hingga bebek lunak, koreksi rasa. Bebek harus terendam sepenuhnya ya.
  4. Angkat, tiriskan dan bebek siap digoreng. Disajikan dengan plecing kacang panjang dan sambal matah. Diaplot selanjutnya ya.
  5. Untuk sambal matah. Iris semua bahan msukkan ke wadah. Panggang terasi hingga lembek campur dengan bahan lain, aduk dengan tangan agar tidak hancur. Tambahkan garam, gula dan jeruk nipis..
  6. Panaskan minyak kelapa jangan mendidih, siram ke bahan2..

Sesuai dengan namanya yang berarti 'mentah' atau belum dimasak, sambal matah memiliki keunikan dari segi penyajian dan pembuatannya, yaitu menggunakan bahan-bahan mentah. Sambal Dabu-dabu tidak menggunakan serai dan menggunakan tomat yang dipotong-potong, sedangkan Sambal Matah dari Bali ini menggunakan serai dan tidak menggunakan tomat. Selain itu lebih berkuah, karena setelah disiram menggunakan minyak goreng panas, Sambal Matah ditambah air hangat, sedangkan Sambal Dabu-dabu tidak. Sambal matah dengan ciri khas bahan-bahannya yang diiris ini, sangat cocok disantap bersama sajian apa saja. Tak terkecuali bila dipadukan dengan ayam goreng.

Comments