Recipe: Yummy Bebek Goreng Sambel Ijo Surabaya

Bebek Goreng Sambel Ijo Surabaya. Bebek, Bawang Merah, Bawang Putih, Kemiri, Ketumbar, Merica, Kunyit, Jahe Egi. Walaupun cuma warung kaki lima biasa, Bebek Tugu Pahlawan ini selalu ramai pengunjung. Bahkan, pengunjung harus rela antri lama untuk bisa memesan bebek goreng yang murah, meriah, hore di warung ini.

Bebek Goreng Sambel Ijo Surabaya Bagi anda yang hobi dengan hidangan bebek goreng sambal korek, tidak ada salahnya bila anda mencoba membuatnya dirumah untuk keluarga sebagai hidangan yang spesial. Bukan tanpa alasan, daging bebek goreng yang disajikan di Surabaya memang terkenal nikmat. Tapi, daripada harus jauh-jauh ke Surabaya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. You can have Bebek Goreng Sambel Ijo Surabaya using 26 ingredients and 4 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Bebek Goreng Sambel Ijo Surabaya

  1. You need of Bahan Utama.
  2. It's 1/2 kg of Bebek.
  3. Prepare of Bumbu Halus.
  4. You need 7 siung of Bawang Merah.
  5. You need 5 siung of Bawang Putih.
  6. Prepare 3 bh of Kemiri.
  7. Prepare secukupnya of Ketumbar.
  8. It's secukupnya of Merica.
  9. It's 1 ruas jari of Kunyit.
  10. Prepare 1 ruas jari of Jahe.
  11. Prepare 1 ruas jari of Lengkuas.
  12. You need of Bahan Pelengkap.
  13. It's 2 btg of Sereh.
  14. You need 2 lembar of Daun Jeruk.
  15. It's 1 lembar of Daun Salam.
  16. Prepare 2 sdt of Gula Pasir.
  17. It's 1 sdt of Garam.
  18. It's of Bahan untuk Sambel Ijo.
  19. Prepare 5 bh of Cabe Hijau Besar.
  20. You need 1 bh of Tomat Hijau.
  21. It's 3 siung of Bawang Merah.
  22. It's 2 siung of Bawang Putih.
  23. Prepare 1/4 sdt of Garam.
  24. You need seujung sdt of Gula Pasir.
  25. Prepare 1/2 bh of Jeruk Nipis.
  26. You need 1 lembar of Daun Jeruk.

Sajian bebek goreng ini juga paling mantap disajikan dengan sambal. Bisa sambal terasi, sambal bawang, sambal hijau, maupun aneka sambal lainnya. Bebek goreng merupakan salah satu masakan khas masyarakat Surabaya, Jawa Timur. Bagi pencinta bebek goreng, makanan ini sangat nikmat disantap bersama nasi putih hangat dengan tambahan berupa lalapan daun kemangi, timun serta dengan sambalnya yang khas.

Bebek Goreng Sambel Ijo Surabaya instructions

  1. Presto bebek 10-15 menit supaya empuk..
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan sereh, daun jeruk, daun salam. Tambahkan air secukupnya, masukkan bebek, aduk hingga merata, jangan lupa gula dan garam. Masak hingga air tinggal sedikit. Matikan api..
  3. Goreng bebek dengan minyak secukupnya, api kecil (jangan terlalu lama supaya tetap empuk). Kuah kuning dibuat dari air bumbu bebek tadi, sangrai sebentar hingga agak kental..
  4. Sambel ijo : rebus cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tomat. Tiriskan. Uleg halus dengan garam, gula, daun jeruk. Tambahkan perasan jeruk nipis sedikit aja. Siap untuk pelengkap bebek goreng ☺️.

Cara Membuat Bebek Goreng Sambal Ijo-Goreng bebek yang sudah direbus dengan bumbu sampai berwarna kekuningan. Saran Penyajian: Bebek goreng biasanya disajikan dengan nasi putih beserta lalapan mentimun, tomat merah, daun kemangi dan kol/kubis. Tapi bisa juga diganti dengan sayuran apa saja yang aja di kulkas atau kebun, seperti daun kapri muda. Sesuai dengan judul diatas, Surabaya memang juaranya tentang aneka penyetan dan sambal, termasuk bebek juga. Kalau mau cari bebek goreng di Surabaya ga akan pernah ada matinya.

Comments