Recipe: Perfect Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo

Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo. Rasanya lezat karena terbuat dari daging itiak atau bebek pilihan dan lado mudo atau cabai ijo serta bumbu khas Sianok Bukittingi Resep Itiak Lado Mudo (Bebek Cabe Hijau). Resep dari ibu yang paling pinter memasak. Itiak Lado Mudo ini merupakan makanan yang paling ngangenin dari Bukittinggi.

Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo Ada banyak menu khas Minang yang menggunakan racikan bumbu sambal hijau. Itiak lado muda ini adalah salah satunya. Itik atau bebek akan dimasak bersama bumbu-bumbu hingga meresap, empuk, dan keluar minyaknya. You can have Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo using 16 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo

  1. Prepare 1 ekor of bebek.
  2. It's 2 ons of cabe hijau.
  3. Prepare 1 buah of bawang bombay.
  4. It's 10 of bawang merah.
  5. You need 5 of bawang putih.
  6. Prepare 5 of kemiri.
  7. It's 2 of serai.
  8. It's 2 cm of Lengkuas.
  9. Prepare 5 lembar of daun jeruk.
  10. It's 2 lembar of daun salam.
  11. You need 1 lembar of daun kunyit.
  12. You need 2 bunga of lawang.
  13. You need 6 of kapulaga.
  14. Prepare 4 of cengkeh.
  15. Prepare 2 cm of jahe.
  16. You need secukupnya of Garam, gula dan kaldu bubuk.

Kali ini saya mencoba membuat itiak lado mudo atau bebek cabe hijau. Rasa unik dari bebek ini adalah aroma rempah yang kuat, gurih dan ceb hijaunya yang dominan. Tema Cabe Ijo dari Mba Ayu (Bu ketu clover yang cant. Lihat juga resep Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo enak lainnya!

Itiak Lado Mudo / Bebek Cabe Ijo instructions

  1. Potong sesuai selera bebek kemudian bersihkan. Rebus bebek bersama dengam serai, jahe geprek, lengkuas geprek, daun salam, daun jeruk, daun kunyit sampai empuk. Kira kira 1 jam. Haluskan cabai hijau dan kemiri..
  2. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Iris bawang bombay. Panaskan minyak goreng dlm wajan, masukkan bombay, aduk hingga rata. Masukkan bawang, kapulaga, bunga lawang, cengkeh. Tumis hingga harum.
  3. Masukkan cabai hijau ke dalam tumisan bawang. Aduk rata, masak hingga cabe layu. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk..
  4. Masukkan bebek yg sudah di rebus ke dalam wajan, beribrebusan air bebek secukupnya. Aduk dan masak terus hingga bumbu meresap dan berminyak. Jangan lupa test rasa. Angkat dan siap dihidangkan..

Resep Itiak Lado Mudo (Bebek Cabe Ijo). Asalnya dari daerah Koto Gadang, nagari di kaki Gunung Singgalang. Tidak lengkap ke Bukittinggi kalau tidak mencoba makanan yang satu ini. Biasanya para pemudik akan mencarinya di sekitaran Ngarai Sianok. Kalau biasanya saya makan bebek cabe ijo itu merupakan bebek goreng yang diaduk dengan sambal goreng ijo, bebek cabe ijo dari Itiak Lado Mudo Pak Ayang ini beda.

Comments