Recipe: Appetizing Bebek Liwet Pekalongan

Bebek Liwet Pekalongan. Ini adalah masakan "khas" orang Pekalongan yang hampir bisa ditemui di setiap rumah saat hari raya. Berbahan dasar bebek atau mentok, mungkin bisa diganti ayam juga. Resep Sop Oyong Bola Tahu favorit.

Bebek Liwet Pekalongan Namun, banyak yang masih tidak tahu jika nasi liwet tersebut berasal dari Solo, Jawa Tengah. Ini adalah masakan "khas" orang Pekalongan yang hampir bisa ditemui di setiap rumah saat hari raya. Berbahan dasar bebek atau mentok, mungkin bisa diganti ayam juga. You can have Bebek Liwet Pekalongan using 21 ingredients and 4 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Bebek Liwet Pekalongan

  1. Prepare 2 ekor of bebek.
  2. It's 1 liter of santan dari 1/2 buah kelapa.
  3. It's of Bumbu halus.
  4. It's 15 butir of bawang merah.
  5. You need 9 butir of bawang putih.
  6. It's 5 buah of cabai merah besar (jika suka pedas bisa ditambah).
  7. It's 9 butir of kemiri.
  8. Prepare 2 jempol of jahe.
  9. It's 2 jari of kunyit.
  10. It's 1 sdm of ketumbar.
  11. Prepare 1/2 sdm of merica (atau sesuai selera).
  12. It's 1/2 sdt of jintan (di sini saya tidak pakai).
  13. You need 1/2 butir of biji pala.
  14. Prepare 2 of mata asam.
  15. You need sesuai selera of Gula merah.
  16. You need sesuai selera of Garam.
  17. It's Sedikit of minyak untuk menumis bumbu.
  18. It's of Bumbu rempah.
  19. It's 2 jempol of lengkuas, geprek.
  20. Prepare 2 batang of sereh, geprek.
  21. Prepare 4 lembar of daun salam.

Nasi Liwet Makanan Khas Jawa Tengah / masfikr.com. Lain tempat lain pula namanya, kalau tadi nasi gandul, sekarang nasi tiwel. Makanan dari nasi ini asalnya dari kota Solo, bedanya sama nasi gandul mungkin penyajianya sama bahan pelengkapnya. Nasi liwet ini disajikan dengan potongan ayam dan kadang pakai labu siam juga.

Bebek Liwet Pekalongan instructions

  1. Haluskan bumbu2, bisa diulek atau diblender. Jika tidak mau pedas, biji cabai bisa dibuang..
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu rempah sampai wangi. Setelah wangi masukkan bebek, aduk2 rata..
  3. Tambahkan santan, koreksi rasa, kemudian masak bebek sampai empuk dan kuahnya asat. Karena memasak bebek butuh waktu lama, kadang saya menggunakan panci presto untuk menghemat waktu. Tapi tetap lebih enak tidak dipresto ya. Bisa ditambahkan kaldu bubuk jika suka. Tapi tanpa kaldupun sudah gurih alami..
  4. Catatan : jumlah santan bisa ditambah/dikurangi sesuai kadar keempukan bebeknya. Bisa juga skip santan kalau tidak mau terlalu berminyak, diganti air biasa, karena bebek minyaknya banyak..

Lokasi Nasi liwet ini hampir ujung kawasan pertokoan dikiri jalan. Dan kedua-duanya sama-sama ramai dan enak. Raya Solo Baru (depan pertokoan) This video is unavailable. Watch Queue Queue resep sambal nasi liwet. Berikut ini adalah kumpulan resep masakan mengenai : resep sambal nasi liwet, resep sambal nasi liwet, resep sambal untuk nasi liwet, resep sambal untuk nasi liwet sunda, resep membuat sambal nasi liwet, resep sambal goreng nasi liwet, resep sambal terasi nasi liwet, resep sambal buat nasi liwet, resep sambal goreng.

Comments