How to Cook Tasty Bebek Bumbu Hitam Khas Madura

Bebek Bumbu Hitam Khas Madura. Di manado susah sekali nyari bebek, apalagi bebek bumbu hitam khas Madura atau bebek Madura. Oh ya aq copas resep nya dari mba Tya dan modifikasi masak biar gak perlu kasih mi. Resep Bebek Bumbu Hitam khas Madura.

Bebek Bumbu Hitam Khas Madura Resep Cara Membuat Bebek Madura Bumbu Hitam Bagi anda pecinta kuliner dari olahan daging unggas namun bosan dengan menu daging ayam, bisa menjadikan olahan daging bebek sebagai alternatifnya. Bebek bumbu hitam khas Madura ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas! Tak cukup bila menikmatinya hanya sepotong. You can cook Bebek Bumbu Hitam Khas Madura using 24 ingredients and 7 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Bebek Bumbu Hitam Khas Madura

  1. Prepare 1 kg of Bebek.
  2. You need 1 Buah of Jeruk Nipis.
  3. Prepare 1/2 sdt of Garam.
  4. You need of Bumbu Halus.
  5. It's 25 Siung of Bawang Merah.
  6. It's 10 Siung of Bawang Putih.
  7. It's 20 Buah of Cabai Merah Kriting.
  8. You need 20 Buah of Cabai Rawit Merah.
  9. Prepare 3 Butir of Kemiri.
  10. You need 2 Batang of Sereh.
  11. You need 10 Lembar of Daun Jeruk (Buang Batang tengahnya agar tidak pahit).
  12. Prepare 2 Ruas Jari of Lengkuas.
  13. It's 2 Ruas Jari of Jahe.
  14. You need 1 Ruas Jari of Kunyit.
  15. It's 1 sdt of Ketumbar Butiran (Saya Ketumbar Bubuk).
  16. It's 1/2 sdt of Lada Butiran (Saya Lada Bubuk).
  17. You need 1 sdm of Gula.
  18. Prepare 1 sdt of Garam.
  19. You need 1 sdm of Kaldu Bubuk Ayam.
  20. It's of Bahan Lainnya.
  21. Prepare 1 Bungkus Kecil of Asam Jawa/Asam Matang (campur dengan 50ml Air dan ambil sarinya).
  22. You need 350 ml of Air (300ml untuk ungkep dan 50ml untuk ambil sari asam jawa).
  23. It's 3 sdm of Minyak Goreng (untuk menumis bumbu halus).
  24. Prepare 250 ml of Minyak Goreng (Goreng Bebek).

Bumbu hitam biasanya digunakan untuk ungkep bebek di Madura. Setelah itu, bebek digoreng kering, kemudian disajikan bersama sambal terasi yang bikin makin lezat. Gak kalah enak dengan bebek hitam, kamu juga bisa bikin ayam goreng bumbu hitam khas Madura. Siap goreng dan disajikan kapan saja.

Bebek Bumbu Hitam Khas Madura step by step

  1. Cuci bersih bebek lalu marinasi menggunakan garam dan jeruk nipis. Diamkan selama minimal 30menit (saya 1 jam). Setelah didiamkan kemudian bilas kembali bebek dengan air hingga bersih..
  2. Haluskan bumbu bumbu halus. Termasuk didalamnya sereh dan daun jeruk..
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan 3sdm Minyak Goreng, tumis hingga bumbu matang dan harum. Lalu masukan bebek, aduk aduk tambahkan gula garam kaldu bubuk. Cukup 3 menit ungkep di dalam wajan lalu pindahkan ungkepan bebek ke dalam panci presto..
  4. Masak dengan panci presto selama 15 menit dari mulai terdengar suara mendesis, sebelumnya tambahkan air 300ml terlebih dahulu. Setelah 15menit, matikan kompor dan tunggu hingga panci presto dingin agar saat dibuka tidak meledak(hati hati saat menggunakan panci presto teruma untuk pemula, jangan sekali sekali membuka panci ketika masih dalam keadaan panas). Setelah dingin, buka panci presto dan pisahkan daging bebek dengan air sisa ungkepan..
  5. Lanjut buat bumbu hitam khas bebek madura, Campurkan sisa air ungkepan dengn cabai yang telah dihaluskan lalu masukan air sari asam jawa dan masak hingga berubah warna menjadi kehitaman (proses ini sebenernya bisa dilakukan berbarengan ketika pertama kali menghaluskan bumbu tetapi karena agar anak saya tetap bisa menikmati bebek goreng dan saya tidak perlu 2 kali memasak jadi untuk cabai dan asam jawa saya masukan hanya ketika membuat bumbu hitam).
  6. Goreng bebek hingga kecoklatan.
  7. Tuang bumbu hitam diatas bebek yang telah digoreng. Bebek khas madura siap dinikmati.

Sudah lengkap dengan bumbu hitam khas madura. Menggunakan daging bebek premium yg fresh dan bersih. Kami pastikan produk halal dan tanpa pengawet. Cara Membuat Resep Bebek Madura Pedas Asli Bumbu Hitam Yang Enak dan lezat. Selain bebek goreng Haji Slamet atau bebek sinjay, ada satu lagi resep masakan bebek yang cukup terkenal, yaitu bebek goreng Madura.

Comments