Olahan Bebek Kaya Rasa


BAGI sebagian orang, bebek termasuk makanan favorit. Dengan pengolahan yang tepat, daging bebek bisa menjadi menu yang benar-benar menggugah selera.

Bebek telah menjadi menu yang banyak digemari di Asia, termasuk Indonesia. Melalui pengolahan yang benar, daging bebek yang selalu diidentikkan dengan aroma amis serta dagingnya yang alot dapat diolah menjadi hidangan lezat, bahkan bisa pula disajikan dengan berbagai bumbu dan cita rasa.

Paling tidak, kegiatan promo yang dihelat Sekar Kedaton Cafe, Hotel Sahid Lippo Cikarang, Bekasi telah membuktikannya. Dalam program bertajuk "Duck Promotion" itu, daging bebek disajikan dengan rasa yang bervariasi. Menu-menunya antara lain bebek megari, bebek bacem goreng sambal kalasan, bebek ungkep bakar saus lada hitam, bebek tim goreng saus jamur china, bebek presto masak cabai hijau, dan bebek goreng lengkuas kemangi.

Di antara sekian banyak hidangan serbabebek yang bisa dinikmati, salah satu yang menjadi favorit di Sekar Kedaton Cafe adalah bebek bacem goreng sambal kalasan. Selain dagingnya yang sangat empuk, menu ini difavoritkan karena disajikan bersama sambal kalasan yang pedas.

"Menu bebek bacem goreng sambal kalasan sangat banyak penggemarnya. Selain karena daging bebek yang nikmat, faktor (unggulan) lainnya adalah sambal yang sangat pedas. Kami buat dari cabai rawit jawa," tandas Sous Chef Sekar Kedaton Cafe Edy Saptiar.

Demi memperoleh daging bebek yang benar-benar empuk, gurih, dan tidak amis, Edy membutuhkan waktu lama untuk memprosesnya. "Kalau dihitung-hitung, untuk mendapatkan daging bebek yang benar-benar nikmat, kami mengerjakannya selama 2,5 jam," ujar chef berperawakan sedang ini.

Menurut Edy, terdapat tiga tahapan yang wajib dilakukan untuk memperoleh daging bebek yang empuk dan tidak amis. Langkah pertama adalah bebek di-marinate atau direndam dengan perasan jeruk nipis yang dicampur asam jawa. Proses perendaman ini dilakukan selama 30 menit.

Setelah di-marinate, bebek dicuci hingga bersih dan di-marinate kembali dengan menggunakan bumbu yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan kunyit selama satu jam. "Fungsinya agar bumbu terasa hingga ke dalam daging," terang Edy.

Tahap terakhir untuk mendapatkan daging bebek yang berkualitas adalah daging diungkep dalam wajan di atas api kecil. Proses ini dilakukan selama satu jam. "Setelah proses yang panjang itu dilakukan, bebek mau diolah menjadi menu apa pun, dengan cita rasa dan sambal apa pun, rasanya akan sangat gurih," katanya, yakin.

Selain bebek bacem goreng sambal kalasan yang menjadi favorit, ada lagi menu bebek yang dikombinasikan dengan saus bernuansa Oriental. Menu ini perlu dicoba, namanya bebek goreng saus jamur china. Yang membuat hidangan ini berbeda adalah, saus yang dituangkan di atas daging bebek terbuat dari jamur shitake yang terkenal itu.

"Bebek sebenarnya masakan tradisional kita. Namun, bisa dikombinasikan dengan berbagai macam saus, termasuk saus bernuansa Oriental," ujar sang chef.

Setelah mengonsumsi daging bebek yang dianggap kebanyakan orang mengandung kolesterol tinggi, Anda harus mencoba minuman penawar yang bisa diseruput seusai bersantap bersama teman, keluarga, ataupun orang-orang terkasih. Minuman yang bisa dinikmati dan dianggap berkhasiat untuk melarutkan kolesterol itu adalah fruit punch dan lime squash, yang terbuat dari kombinasi buah dengan soda water.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Comments

Post a Comment