How to Prepare Perfect Nasi Bebek Hitam Madura

Nasi Bebek Hitam Madura. Cara Membuat Resep Bebek Madura Pedas Asli Bumbu Hitam Yang Enak dan lezat. Selain bebek goreng Haji Slamet atau bebek sinjay, ada satu lagi resep masakan bebek yang cukup terkenal, yaitu bebek goreng Madura. Dari namanya saja pasti teman teman sudah tahu bukan bahwa resep nasi bebek yang akan kita buat kali berasal dari daerah Madura yang terletak di propinsi Jaw Timur.

Nasi Bebek Hitam Madura Nasi bebek Madura ternyata tak hanya memikat warga Indonesia, tapi juga orang Korea. Baru pertama kali cicip, orang Korea ini ketagihan nasi bebek Madura. RESEP ASLI BUMBU BEBEK HITAM MADURA & SAMBEL BEBEK NYA Bumbu ini adalah bumbu bebek hitam khas Madura. You can have Nasi Bebek Hitam Madura using 25 ingredients and 8 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Nasi Bebek Hitam Madura

  1. You need 1 ekor of bebek, potong kecil jadi 8 potong.
  2. Prepare 2 bh of jeruk nipis, peras airnya.
  3. It's 10 lbr of daun jeruk.
  4. Prepare 2 bh of tomat ukuran sedang, iris-iris.
  5. It's 2 btg of serai, memarkan.
  6. You need 2 sdm of gula merah sisir.
  7. You need 2 sdm of air asam jawa (10 gr).
  8. Prepare 2,5 sdt of garam.
  9. You need 1,5 sdt of gula.
  10. Prepare 500 ml of minyak goreng.
  11. You need secukupnya of air.
  12. It's 1,5 sdt of kaldu bubuk.
  13. You need of Bumbu Halus:.
  14. Prepare 50 gr of siung bawang putih.
  15. You need 100 gr of bawang merah.
  16. It's 50 gr of kencur.
  17. Prepare 30 gr of kunyit.
  18. It's 70 gr of lengkuas.
  19. It's 50 gr of jahe.
  20. Prepare 4 btg of bagian dalam serai.
  21. It's 10 btr of kemiri (50 gr).
  22. Prepare 5 sdt of ketumbar.
  23. You need 1 sdt of merica.
  24. You need 25 bh of cabe rawit merah.
  25. Prepare 10 bh of cabe besar.

Selain untuk bebek bumbu ini juga bisa untuk bumbu ayam,entok/mentok & aneka unggas lainnya. Nasi Bebek Bumbu Hitam Khas Madura. Nah, yang bikin spesial itu sambal hitam yang menurut pengakuan mas-mas yang jual murni dari bawang dan cabe saja. Padahal lidah saya merasakan kelapa sangrai disana.

Nasi Bebek Hitam Madura step by step

  1. Bersihkan bebek, lumuri dengan jeruk nipis, biarkan selama 30 menit di kulkas. Bersihkan dengan air mengalir..
  2. Haluskan semua bumbu sampai benar benar halus dan merata..
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan tuangkan minyak secukupnya (kurang lebih 100ml). Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai dan daun jeruk. Masak bumbu hingga matang. Tambahkan minyak lagi (kurang lebih 350 ml).
  4. Masukkan daging bebek beserta gula merah dan asam jawa kemudian aduk-aduk dan masak dengan tutup (diungkep)..
  5. Tambahkan sedikit air apabila daging bebeknya sudah mulai tidak terendam minyak dan masak lagi sampai benar benar empuk dan warnanya menghitam (kurang lebih selama 3.5-4 jam)..
  6. Setelah dagingnya empuk, koreksi rasanya dan tambahkan garam dan gula pasir apabila diperlukan. Aduk aduk kembali sebentar. Lalu angkat daging bebeknya..
  7. Selanjutnya masak terus bumbu ungkep bebek tadi sampai menghitam sampai jadi seperti saus..
  8. Untuk penyajian, goreng daging bebek tadi, lalu siram dengan bumbu hitamnya, dan siap dihidangkan. Jangan lupa sambel ijo atau sambel bawang untuk melengkapinya. Tambahkan serundeng di nasi..

Bebek Madura berbumbu hitam karena memakai lemak bebek untuk mematangkan. Selain itu juga disajikan dengan taburan serundeng gurih pedas juga sisa bumbunya yang kehitaman gurih pedas.. Potongan daging bebek berpadu saus cokelat pekat, plus taburan serundeng membuat sajian nasi bebek Madura di sini jadi favorit tak sedikit orang. Jangan sampai Anda tertipu tampilan sederhananya, lantaran lezat yang dirasakan sejak suapan pertama bakal bikin ketagihan. Nasi Bebek Hitam Madura Masakan Bebek Madura ini yang memang lebih kaya akan rempah rempah alami dalam proses pembuatannya.

Comments