How to Prepare Delicious Bebek Hitam Madura Nagihh! (2 Alternatif Bumbu)

Bebek Hitam Madura Nagihh! (2 Alternatif Bumbu). Siapa yang gak suka dengan olahan bebek 😍😍. kalau makan bebek dimasak apapun bisa bahaya karena sukaa nambah trus. Kali ini penasaran sama bebek hitam.susah banget cari resep otentiknya. Nanya sana sini, ke keluarga suami di Madura,.

Bebek Hitam Madura Nagihh! (2 Alternatif Bumbu) Jadi ayam gak dibuat di bumbu opor sendiri (seperti resep kebanyakan), tapi langsung diresapin di bumbu lontong sayur. Rasa gurih kaldu lontong sayur didapatkan dari ayam dan ebi :).. Nasi Bebek Bumbu Hitam Pedas Khas Madura Resep Nasi Bebek Sambal Hitam Khas Madura. You can have Bebek Hitam Madura Nagihh! (2 Alternatif Bumbu) using 41 ingredients and 10 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Bebek Hitam Madura Nagihh! (2 Alternatif Bumbu)

  1. Prepare 1 ekor of bebek (sekitar 1.5kg) dipotong sesuai selera.
  2. Prepare 1/2 buah of jeruk lemon/ jeruk nipis.
  3. You need 1 sdt of garam.
  4. Prepare Secukupnya of air asam jawa dan daun salam.
  5. Prepare Secukupnya of air untuk rebusan pertama.
  6. It's of Bumbu ungkep + bumbu hitam 1:.
  7. Prepare 3 batang of serai segar.
  8. It's 4 cm of laos.
  9. Prepare 2 cm of jahe.
  10. Prepare 6 butir of kemiri (sangrai).
  11. It's 3 cm of kunyit (bakar)/ 1 sdm kunyit bubuk.
  12. It's 7 butir of bawang merah.
  13. You need 5 siung of bawang putih.
  14. It's 5 buah of cabe merah besar (buang bijinya).
  15. You need 1 sdt of pala (tumbuk).
  16. You need 1 sdt of jinten.
  17. It's 1 sdt of lada/merica.
  18. Prepare 1 sdt of ketumbar.
  19. You need 20 gr of gula jawa.
  20. You need secukupnya of garam.
  21. It's 6 lembar of daun jeruk.
  22. You need 4 lembar of daun salam.
  23. Prepare Secukupnya of air untuk ungkepan.
  24. You need of Bumbu hitam 2:.
  25. You need 15 butir of bawang merah.
  26. You need 10 siung of bawang putih.
  27. Prepare 15 buah of kemiri (sangrai).
  28. You need 4 batang of serai segar.
  29. You need 1-2 bongkah of laos ukuran sedang.
  30. Prepare 1 bongkah of jahe kecil.
  31. Prepare 5 sdt of ketumbar.
  32. You need 4 biji of kluwak bagus (rendam dengan sedikit air panas).
  33. Prepare 8 lembar of daun jeruk.
  34. Prepare 400 ml of minyak.
  35. It's Secukupnya of garam.
  36. You need Secukupnya of gula.
  37. It's 1-2 sendok sayur of hasil ungkepan bebek.
  38. You need of Pelengkap:.
  39. You need of Lalapan.
  40. You need of Sambal bawang.
  41. It's of Serundeng.

Bumbu hitam paling dikenal dengan masakan khas bebek bumbu hitam madura. Namun kali ini dapur heni ingin menyajikan yang lain yaitu bumbu hitam dipadukan dengan ayam dengan nama ayam goreng bumbu. Bumbu hitam yang ditabur di atas potongan bebek cukup besar selalu jadi andalan warung kaki lima ini. Belum lagi sambal yang pedas dan gurihnya sanggup bikin nagih.

Bebek Hitam Madura Nagihh! (2 Alternatif Bumbu) step by step

  1. Bersihkan bebek yang telah dipotong dibawah air mengalir dengan cara disikat. Buang brutu dan bulu yang masih menempel (Brutu mengganggu rasa ungkepan bebek). Lumuri garam dan jeruk nipis. Diamkan sekitar 30menit. Lalu cuci bersih..
  2. Rebus bebek hingga mendidih, kurang lebih 5menit dengan daun salam dan air asam jawa agar amisnya hilang. Angkat bebek..
  3. Haluskan semua bahan bumbu ungkep kecuali daun jeruk dan daun salam. Tumis semua bahan yang ada dibumbu ungkep hingga matang harum..
  4. Masukkan bebek satu persatu, aduk-aduk hingga terlumuri semua. Tunggu beberapa saat. Tambahkan air mendidih, hingga bebek cukup terendam (jangan terlalu berlebih). Tambahkan garam secukupnya dan cek rasa sesekali. Ungkep dengan api kecil hingga air menyusut, matang, dan empuk (untuk tekstur empuk saya bisa sampai 3jam/ bisa juga gunakan presto)..
  5. Jika sudah empuk, angkat bebek. Siap digoreng dengan minyak panas. Bebek cukup digoreng sebentar saja karena sudah matang dan mudah menghitam (krn ungkepan sebelumnya ada penambahan gula jawa)..
  6. Tips: sebelum digoreng, bebek paling nikmat diinepin dulu semalaman di dalam kuah ungkepan biar makin nyuuss meresap 😆..
  7. Bumbu hitam 1: untuk membuat bumbu hitam versi 1. Tambahkan minyak (agak banyak) di bumbu hasil ungkepan. Aduk-aduk terus hingga menghitam (jangan sampai gosong). Harus cukup bersabar ya 😅. Setelah matang aduk-aduk/ siram dengan bebek yang telah digoreng..
  8. Kalau gak mau ribet, bumbu hitam versi 1 sudah ok banget karena full kaldu rempah bebek! Kalau mau cepat hitam, saat proses bisa ditambahkan beberapa butir keluwak halus yang sudah ditumis. Hasilnya bisa ditunggu sampai hitam kental (jadi tidak perlu sampai terlalu kering).
  9. Bumbu hitam 2: haluskan seluruh bumbu hitam 2 kecuali daun jeruk. Tumis seluruh bumbu, tambahkan 1-2sendok sayur bumbu ungkep, garam, dan gula. Tambahkan minyak. Aduk-aduk trus hingga menghitam. Koreksi rasa. Tambahkan bebek yang telah digoreng. (Jika bumbu kurang masih bisa dibuat lagi).
  10. Nb: minyak yang digunakan untuk membuat bumbu, bisa dari hasil menggoreng bebek. Sajikan dengan serundeng, sambal bawang, lalapan..

Bumbu hitam biasanya digunakan untuk ungkep bebek di Madura. Setelah itu, bebek digoreng kering, kemudian disajikan bersama sambal terasi yang bikin makin lezat. Gak kalah enak dengan bebek hitam, kamu juga bisa bikin ayam goreng bumbu hitam khas Madura. Resep Cara Membuat Bebek Madura Bumbu Hitam Bagi anda pecinta kuliner dari olahan daging unggas namun bosan dengan menu daging ayam, bisa menjadikan olahan daging bebek sebagai alternatifnya. Resep dengan petunjuk video: Bebek bumbu hitam khas Madura ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas!

Comments